Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Lebih Aman Bermain Lego Frozen dengan Si Kecil

Saat ini keberadaan lego semakin diminati oleh anak-anak. Sebagai orang tua, tentu tidak ada salahnya bagi Anda untuk membelikan mainan tersebut kepada mereka. Terlebih, sekarang ada banyak jenis dan bentuk lego yang dapat dijadikan pilihan. Salah satunya lego frozen yang menaik untuk dimainkan.

Lego Frozen

Beberapa Tips Aman Bermain Lego Frozen

Perlu Anda ketahui, bahwa permainan lego yang satu ini pada dasarnya sangat cocok untuk berbagai usia. Hal ini tidak lain karena permainan tersebut dapat disesuaikan dengan usia anak. Akan tetapi, saat ada baiknya juga untuk mengetahui beberapa tips aman bermain lego tersebut di bawah ini:

1. Selalu Dampingi Anak

Tips pertama yang wajib untuk Anda lakukan adalah dengan selalu mendampingi si kecil. Terutama saat mereka sedang bermain lego tersebut. Dengan begitu, aktivitas bermain lego pun akan lebih aman untuk dilakukan. Hal ini juga akan meminimalisir mereka menelan mainan tersebut.

Anda juga perlu memastikan bahwa lingkungan permainan si kecil aman dari gangguan. Selain itu, saat mendampingi anak bermain ada baiknya untuk tidak bermain bermain smartphone sendiri. Pastikan untuk memberikan arahan dalam memainkan lego tersebut sesuai dengan instruksinya.

2. Pisahkan Jenis Lego

Selanjutnya, sangat penting juga bagi Anda untuk memisahkan mainan lego berdasarkan dengan jenisnya. Dalam hal ini, pastikan untuk memisahkan koleksi lego untuk anak-anak dengan lego untuk orang tua. Dengan begitu, penggunaan lego tersebut akan dapat disesuaikan dengan usia seseorang.

Selain itu, Anda juga perlu menjauhkan tempat penyimpanan lego dari jangkauan si kecil. Pilih saja beberapa lokasi yang memang sangat mudah dan aman digunakan. Contohnya adalah bagian rak paling tinggi, atas lemari, dan yang lain sebagainya.

3. Perhatikan Ukuran Lego

Setelah memisahkan jenis-jenis lego tersebut, sangat penting juga bagi Anda untuk memilih ukuran lego yang akan dimainkan. Pastikan untuk memilih varian balok atau kepingan lego yang mempunyai ukuran cukup besar. Tidak ada salahnya juga untuk memberi tahu si kecil untuk tidak menelan lego tersebut.

Dengan memilih lego yang berukuran besar, tentu saja akan lebih mengantisipasi dan meminimalisir anak-anak dalam menelan mainan tersebut. Mereka juga tidak akan mungkin untuk memasukkan kepingan lego ke mulutnya karena ukuran cukup besar.

4. Hindari Berpindah-pindah

Saat Anda memainkan lego bersama si kecil, ada baiknya untuk tidak berpindah-pindah. Pastikan untuk memainkannya di satu ruangan sana tanpa perlu pindah ke ruangan yang lainnya. Jika perlu, sediakan tempat bermain lego secara khusus sehingga akan lebih aman dan nyaman.

Dengan begitu, Anda sebagai orang tua dapat lebih mudah dalam mengawasi si kecil saat bermain. Gunakan juga beberapa pembatas untuk mengamankan si kecil saat main. Seperti pembatas karpet, pagar, atau lain sebagainya sesuai kebutuhan.

5. Segera Bereskan Mainan

Selanjutnya, jika Anda sudah selesai memainkan mainan tersebut bersama dengan si kecil, maka pastikan untuk segera membereskannya. Dalam hal ini, sanat penting juga bagi orang tua untuk mengedukasi anak bahwa mereka juga perlu membereskan sendiri mainan setelah menggunakannya.

Anda dapat mengajak anak membereskan mainan bersama-sama. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kebersihan lego, kelengkapan, dan anak juga akan terhindar dari kemungkinan tertelan lego ketika orang tua tidak sedang mengawasi mereka.

Itu dia beberapa tips agar lebih aman saat memainkan lego frozen bersama si kecil. Saat ini sendiri sudah ada banyak orang yang memiliki permainan tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai Anda ketinggalan memilikinya karena akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

 

Posting Komentar untuk "Tips Agar Lebih Aman Bermain Lego Frozen dengan Si Kecil"